Persaingan dalam Memanjukan Perusahaan

Posting ini bersumber dari majalah SWA edisi 13/XXX/ Juni 2005, pada rubrik Bisnis. Menggambarkan sebuah persaingan bisnis untuk memajukan perusahaannya menjadi perusahaan yang maju dalam bidang komunikasi, khususnya dalam alat komunikasi. Hermes Thamrin adalah seorang pemilik PT. Global Teleshop. Karena banyaknya persaingan, bisa saja perusahaan ini tergusur oleh Sugoino Wiyono, ia adalah pemilik jaringan gerai ponsel OkeShop. Saat ini OkeShop memiliki lebih dari 530 gerai, sedangkan Global Teleshop 135 gerai. Padahal pada Maret 2003, OkeShop Cuma mempunyai 30 gerai, sementara Global Teleshop 80-an gerai.

Ada beberapa perusahaan yang besar dan mempunyai jaringan luas, diantaranya adalah PT. Trikomsel Multimedia yang berdiri pada Maret 1997 dan memayumgi lebih dari 530 toko OkeShop, PT. Cipta Multi Usaha Perkasa yang berdiri pada 1996 dan menaungi 135 toko Global Teleshop, dan PT. Selular Graha Prima yamg berdiri pada 1998 meniliki 70 gerai Selular Shop.

Presiden Direktur PT. Trikomsel Multimedia, menjelaskan bahwa perusahaan berperan bukan hanya pada jaringan penjualan tapi juga distributor ponsel. Tak seperti distributor resmi yang hanya menjual satu merek ponsel, jaringan penjualan ini memiliki konsep multimerek, multi operator dan one stop shoping.

Yang harus dicermati adalah langkah-langkah Global Teleshop baru-baru ini. Djadmiko Wardoyo, Direktur Utama PT. Global Teleshop menjelaskan bahwa pada tahun 2005 perusahaan yang selama 7 tahun menjual berbagai merek dan perusahaan ini akan fokus menjual merek Nokia saja. Ini dilakukan karna sang pemilik perusahaan ingin fokus pada produk pemimpin pasar, sehingga benar-benar bisa segmented dalam meraih pasar. PT. Trikomsel yang kini berada di 51 satu kota menargetkan memiliki minimum 600 toko tahun ini. Untuk itu mereka akan membuka cabang-cabang ke kota-kota kabupaten dan kecamatan. Dalam hal ini persaingan yang tak bisa dielakan adalah penurunan harga.

Untuk mengatasi masalah persaingan yang ketat, kini Global Teleshop mendirikan gerai-gerai berlebel Nokia. Seperti Nokia Sales and Care Center, Nokia Profesional Center, dan akan dibangun 15 gerai Nokia Care Center. Selain itu perusahaan juga meninggkatkan perhatian pada sisi kualitas. Pengembangan gerai-gerai dibawah bendera Global Teleshop dilakukan secara hati-hati.

Disferensiasi menurut Djadmiko,

  • Pertama, perusahaan akan memberikan pelayanan yang seluas-luasnya kepada konsumen. Alasanya, ini merupakan kompetisi ari kualitas layanan.
  • Kedua, Global Teleshop selalu memberi hadiah untuk pembelian tipe produk Nokia.
  • Ketiga, Global Teleshop memiliki Nokia Hospitality Lounge, konsep yang dirancang sebagai wahana bagi pengguna ponsel Nokia agar bisa berinteraksi, dan mendapatkan edukasi.

PT. Trikomsel membuat sebuah srategi yang dilakukan perusahannya untuk mengatasi masalah persaingan ketat . antara lain,

  • Memperluas peluang baru di daerah baru.
  • Kemudian OkeShop terus menambah dan meningkatkan kinerja sistem pendukung seperti logistik.
  • Dalam hal promosi mereka selalu memberikan hadiah, memberi sevis non harga dan kemudahan pembayaran. Contohnya, pelanggan bisa membeli dengan kartu kredit tanpa dikenakan charge.

Dilihat dari sudut pandang pada  kajian teori  Mc.Groger, Sugiono dan Hermes Thamrin sama-sama memiliki ide cemerlang yang terlihat pada titik pemasaran untuk memajukan usaha dan juga untuk memajukan usaha dalam persaingan.

Untuk Job performance dengan motivasi masuk pada kajian Vroomin

P= f (m*k), karena kedua orang ini memiliki motivasi yang tinggi untuk sukses bisa berprestasi dan juga memilikikecakapan dalam membuat terobosan.

Kesimpulan artikel ini adalah dalam berbisnis membutuhkan motivasi-motivasi agar suatu bisnis tersebut bisa sukses dan menguasai pasar dengan kualitas yang baik. Seperti pada bisnis penjualan ponsel ini yang dilakukannya dengan kerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal.

Leave a comment

Filed under Industrial Engineering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s