Pemilu VS Kamis Putih???

Tanggal 4 Juli 2008 yang lalu, KPU menetapkan jadwal pemilu legislatif jatuh tanggal 9 APril 2009.  Setelah lama bergulir, akhirnya tadi saya baru menyadari ada masalah dengan tanggal itu. Liputan 6 malam SCTV edisi 12 Februari 2009 memberitakan demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) terkait jadwal pemungutan suara pemilu legislatif 2009 yang jatuh pada tanggal 9 April yang juga merupakan hari besar keagamaan Kamis Putih bagi umat Katolik….

Yang menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut sudah diperhitungkan oleh pihak KPU sebelumnya??? Apakah pemerintah yang dalam hal ini KPU akan mempertimbangkan kepentingan umat Kristen dan Katolik yang notebene adalah kaum minoritas (statistik 1998 mencatat umat Kristen 5% dan Katolik 3% dari jumlah penduduk sebesar 222 juta).

Bagi kita umat Katolik, disini kiat menghadapi dilema. Disatu sisi, pelajaran PPKN yang kita teriam semenjak SD hingga di bangku kuliah, menanamkan dogma untuk mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sedangkan perintah Allah menyatakan bahwa kita wajib mencintai Tuhan Allah melebihi kiat mencintai diri kita sendiri.

Nah, teman-teman, apa pilihan kita??Bagaimana pendapat teman-teman dan bagaimana teman-teman memandang masalah ini??

1 Comment

Filed under Personal

One response to “Pemilu VS Kamis Putih???

  1. adolf

    semoga kita umat Kristen bisa bijak dalam menyikapinya. Kalau bisa, kita bisa mengakomodasi keduanya, baik negara maupun iman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s